Spek Minimum CSGO Agar Tidak Lag

CSGO merupakan salah satu game yang populer di kalangan pecinta game aksi tembak. Spek minimum CSGO yang harus dipenuhi tergolong sangat ringan, bahkan untuk pengguna laptop sekalipun. Hal inilah yang membuat banyak orang memainkan CSGO. Tingkat kesulitannya semakin naik ketika berada di level yang berbeda. Berikut ulasannya:

1. Processor

Processor menjadi salah satu komponen penting yang harus dipenuhi karena menjadi otak utama dari segala komponen. Adapun minimum processor yang harus dipenuhi setidaknya sudah Intel Core 2 Duo E6600. Bisa juga menggunakan versi AMD, yaitu AMD Phenom X3 8750. Jika tidak di antara keduanya, maka bisa mencari yang kemampuannya setara.

Bagi pengguna laptop baru, mungkin sudah dibekali processor yang lebih baik dan versi terbaru. Kedua processor tersebut setidaknya sudah berada di frekuensi mencapai 2.4 GHz untuk bisa menjalankan game CSGO. Adapun untuk cachenya sekitar 2-4 MB dan ini bisa dibilang sudah cukup besar untuk memainkan game aksi tembak ini.

2. Graphic

Selanjutnya ada VGA yang memiliki peran tidak kalah penting untuk dapat menjalankan game CSGO. Adapun spesifikasi minimum yang harus dipenuhi adalah minimal menggunakan NVIDIA GeForce 7300 GT atau yang setara dengan VGA tersebut. Penggunaan VGA ini harus kompatibel dengan DirectX v9.0 dan mendukung Pixel Shader 3.0.

3. RAM

Umumnya game aksi tembak serupa CSGO akan membutuhkan RAM yang tinggi. Bagi pengguna yang memiliki RAM rendah patut bernafas lega karena masih bisa memainkan game ini. Adapun spek minimum CSGO dari segi RAM adalah 2GB saja. Hanya dengan RAM 2GB, game ini sudah bisa berjalan dengan baik tanpa lag sekalipun.

Bagi yang memiliki RAM 1GB disarankan untuk tidak melakukan instalasi game ini. Sebaliknya, bagi yang memiliki RAM diatas 2GB justru sangat bisa memainkan game ini. Bisa dibilang lebih lancar dibandingkan yang menggunakan RAM 4GB. Model RAM yang digunakan, khususnya pada PC juga harus diperhatikan dan pastikan yang terbaik.

4. Storage

Meskipun CSGO tergolong game ringan, bukan berarti pengguna tidak perlu repot-repot mempersiapkan storage yang banyak. Sebaliknya, pengguna harus menyediakan ruang penyimpanan kosong minimal 15GB sebagai instalasi aplikasi. Jika Disk C tidak memiliki ruang yang cukup, maka bisa memilih Disk lain yang memiliki ruang penyimpanan lebih besar.

Pastikan ruang penyimpanan yang dipilih tidak memiliki kapasitas yang cukup luang. Jangan sampai sisa kapasitas ruangnya terlalu sedikit atau sampai indikator warnanya berubah menjadi merah. Hal ini akan membuat kinerja HDD menjadi lebih berat dan tidak jarang membuat permainan akan mengalami lag ketika dimainkan.

5. Sistem Operasi

Pada umumnya game ini bisa dimainkan di OS mana saja, tidak terkecuali bagi pengguna OS Linux sekalipun. Namun bagi yang masih menggunakan Windows XP ataupun Vista masih tetap bisa menjalankan game ini. Bagi pengguna Windows versi terbaru seperti Windows 7,8 dan 10 juga bisa menjalankan CSGO.

Bagi pengguna MacOS juga bisa memainkannya, hanya saja harus sudah berada di versi MacOS X 10.11 (El Capitan) atau diatasnya. Sedangkan bagi pengguna Linux, bisa dijalankan pada OS Ubuntu v12.04 atau versi lebih baru. Jadi pengguna bisa memainkannya di OS mana saja asalkan memenuhi persyaratan minimalnya.

Apabila pengguna memenuhi spek minimum CSGO diatas atau bahkan lebih baik, maka game aksi tembak dapat berjalan dengan lancar. Jangan lupa juga untuk memastikan koneksi jaringan internet karena akan mempengaruhi jalannya permainan. Pengguna bisa melakukan tes jaringan terlebih dahulu sebelum bermain.

READ  6 Game Memancing Terbaik 2021 dengan Keseruan yang Nyata

You May Also Like

About the Author: Putri Taurus