3 Cara Menghentikan Kecanduan Game Online Pada Anak

menghentikan kecanduan game online
menghentikan kecanduan game online

3 Cara menghentikan kecanduan game online pada anak – Game online bisa membuat anak betah berlama-lama tidak beralih dari gadgetnya. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka anak pun bisa merasa kecanduan bermain game online. Masalah ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena dampaknya cukup buruk bagi masa mendatang.

Kementerian kesehatan menjelaskan bahwa seorang anak jika sudah mengalami yang namanya kecanduan, maka struktur dan fungsi otaknya pun akan terganggu bahkan berubah. Gangguan ini bahkan bisa menghilangkan kemampuan otak.

Hilangnya kemampuan otak ini diantaranya adalah seperti hilangnya fungsi ekskutif yang digunakan untuk merencanakan seseuatu, hilangnya fungsi atensi untuk berkonsentrasi, dan terakhir adalah hilangnya fungsi inhibisi untuk membatasi diri.

Perubahan fungsi otak ini tentunya akan membuat seseorang menjadi sulit untuk fokus, tidak mengenali batasan fisik, hingga tingkat emosi yang tidak stabil. Nah, seseorang yang sudah kecanduan bermain game online tentu saja akan terus bermain tanpa bisa menghentikan kecanduan game online tersebut meskipun fisiknya sudah lelah.

READ  Game Menata Rumah Online, 5 Rekomendasi Terbaik

Rasa candu yang terjadi ini bahkan bisa membuat seseorang berlaku impulsif. Oleh sebab itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk menghentikan rasa candu yang ditimbulkan oleh game online pada anak.

Komitmen Orang Tua di Rumah

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh orang tua di rumah adalah komintmen untuk memutuskan rasa kecanduan terhadap game online yang tengah menjerat sang anak. Orang tua yang ada dirumah tentunya harus menyadari bahwa akan membantu si kecil untuk menghentikan kecanduan game tersebut.

Orang tua juga akan menjadi seorang pengawas jika sang anak kembali bermain game online. Pastikan juga bawa orang tua tidak bertindak dengan kekerasan dan membuat rasa nyaman sang anak ketika di rumah tanpa harus bermain game online.

Memutus Anak Bermain Gadget

READ  Panduan Bermain Permainan Godzilla Defense Force

Menghentikan kecanduan game online pada anak juga bisa Anda lakukan dengan memutuskan supaya anak tidak lagi bermain gadget. Sebagai permulaannya, orang tua bisa melakukan pembatasan akan waktu bermain anak dengan gadgetnya tersebut.

Waktu yang dibatasi ini termasuk anak menonton youtube, bermain game online, hingga menonton televisi. Setelah membatasi anak dengan waktu bermainnya tersebut, barulah orang tua diwajibkan untuk bertindak tegas dalam melakukan grounded atau memaksa anak untuk lepas dari gadgetnya.

Mempersiapkan Efek Tantrum

Ketika proses menghentikan kecanduan game online dilakukan secara grounded, tentunya sang anak akan mulai mengalami efek tantrum atau yang lebih dikenal dengan ledakan emosi. Efek ini tentunya memiliki beragam bentuk, mulai dari menangis, menjerit, hingga yang paling ekstrim adalah membanting apapun yang ada di sekitarnya.

READ  6 Game Memancing Terbaik 2021 dengan Keseruan yang Nyata

Bisa dibilang bahwa momen ini merupakan hal tersulit yang harus dirasakan oleh orang tua maupun anak dalam proses memutuskan rasa candu akibat game online. Namun, jangan sampai orang tua merasa putus asa dan menyerah ketika sedang menghadapi masa tantrum.

Hal ini dikarenakan jika orang tua dan anak berhasil melewati masa ini, maka sang anak pun bisa terlepas dari gagdet dan bisa hidup seperti pada sedia kala. Semua itu bisa dilakukan dengan manajemen perilaku yang harus diambil kembali perannya oleh orang tua.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghentikan kecanduan game online pada anak. Sebelum anak Anda juga mulai kecanduan game online, maka ada baiknya jika dilakukan pembatasan mulai sekarang untuk mengajarinya agar tidak terlalu fokus terhadap gadgetnya tersebut.

You May Also Like

About the Author: Admin